Resep Kue Kastengel Spesial Renyah Dan Gurih

Siapa tak kenal kue kastengel? Salah satu kue favorit suguhan lebaran ini memang menarik baik dari segi penampilan maupun rasanya. Jika pada umumnya kue memiliki rasa manis, maka berbeda dengan kue kastengel yang rasanya gurih dan asin, namun tidak kehilangan citarasanya sebagai kue kering. Untuk itu, resep kue kastengel kita pilih kali ini sebagai resep kue yang akan kita pelajari. Jika mulai belajar dari sekarang, pasti lebaran mendatang Anda sudah bisa menyuguhkan kue kastengel special buatan sendiri untuk para tamu. Nah, selain itu tentu kue kastengel akan bisa Anda nikmati sendiri. Bukan hanya untuk suguhan saat lebaran, namun kapanpun Anda ingin menyantap kue lezat yang satu ini, maka Anda tinggal membuatnya saja.

Resep Lainnya : Resep Kue Kastengel Buatan Ibu Untuk Moment Bahagia Lebih Terasa

Sebelum mulai belajar membuat resep kue kastengel, tentu Anda harus memastikan lebih dulu bahwa Anda memiliki alat-alat yang diperlukan untuk membuatnya. Jika belum punya, maka Anda bisa membelinya lebih dulu atau meminjam kepada saudara, tetangga, atau teman. Tak ada salahnya meminjam sesekali sebelum Anda memilikinya sendiri. Alat-alat yang diperlukan antara lain yaitu mixer, loyang pendek yang cukup lebar, oven, baskom untuk menempatkan adonan, serta berbagai perlengkapan lainnya. Setelah memastikan adanya alat-alat tersebut di rumah Anda, maka selanjutnya siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan Utama Resep Kue Kastengel

Untuk membuat resep kastengel spesial, berikut ini bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • 450 gram tepung terigu
  • 3 butir kuning telur
  • 200 gram mentega tawar/unsalted butter
  • 100 gram margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok tek kaldu ayam bubuk
  • 250 gram keju tua
  • 50 gram susu bubuk full cream

Bahan Toping Atau Olesan Resep Kue Kastengel

Selain bahan utama di atas, siapkan juga bahan untuk membuat toping atau olesan kue kastengel yang Anda buat. Bahannya sangat sederhana yaitu:

  • 1 butir kuning telur
  • 50 gram keju cheddar (diparut)
  • 1 sendok makan madu

Cara Membuat Resep Kue Kastengel

Selanjutnya, cara membuat resep kue kastengel bisa Anda ikuti setelah alat dan bahan siap. Bagaimana caranya? Silahkan simak caranya berikut ini:

  1. Kocok dengan kecepatan mixer sedang diantaranya bahan margarin, buter, kaldu ayam bubuk, dan garam.
  2. Masukkan satu per satu kuning telur ke dalam adonan di atas, kemudian aduk terus sampai merata.
  3. Ayak tepung terigu dan susu, kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Teruslah aduk sampai merata.
  4. Masukkan keju yang sudah diparut dan aduk lagi sampai merata.
  5. Jika semua resep kue kastengel sudah tercampur menjadi adonan, maka giling adonan tersebut sampai memiliki tebal sekitar 0,8 cm. Selanjutnya potong-potong membentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 5×0,8 cm.
  6. Jika sudah terpotong dengan benar, lalu simpan adonan yang sudah dibentuk tersebut di atas loyang yang sudah diolesi margarin.
  7. Selanjutnya oleskan toping kue kastengel. Tentunya setelah bahan-bahannya dicampur yaitu telur dan madu. Setelah diolesi campuran telur dan madu, maka tambahkan keju dengan menaburkannya di atas kue kastengel buatan Anda.
  8. Setelah selesai diolesi dan ditaburi keju, pangganglah di oven sampai matang yaitu dengan suhu 160-170 derajat celcius. Pangganglah sekitar 30 menit, pastikan kue kastengel sudah matang saat Anda mengangkatnya.
  9. Saat kue kastengel matang dan sudah diangkat dari oven, jangan lupa untuk mendinginkannya lebih dahulu sebelum memasukan kue kastengel ke dalam toples.

Itulah resep kue kastengel yang bisa Anda praktekkan di rumah. Untuk membuat kue kastengel special yang gurih dan renyah, maka pastikan Anda menggunakan mentega dan margarin merek Blueband. Selamat mencoba!