Kuliner Khas Betawi yang Paling Legendaris

Kuliner Khas Betawi yang Paling Legendaris

Kuliner Khas Betawi – Indonesia tidak hanya terkenal akan budaya dan pariwisatanya saja. Kuliner khas Indonesia juga banyak dibilang memiliki cita rasa yang khas dan pas. Bahkan, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri yang menjadi icon andalan setiap daerah. Seperti contoh makanan khas betawi yang juga sangat terkenal tidak hanya di Betawi saja, melainkan juga melegenda di daerah lain di Indonesia. Masakan Betawi juga dibilang unikdan rasa rempahnya yang khas. Apa saja sih kira – kira diantaranya? Ini dia kuliner khas Betawi yang paling legendaris.

  1. Gado – gado

Makanan  yang dijuluki salad Jawa ini menjadikan Betawi terkenal akan makanan ini. Hidangan gado – gado berisi lontong, sayuran (seperti wortel, kacang, kentang, dan lain sebagainya) yang kemudiam di siram dengan bumbu kacang yang rasanya khas. Lebih nikmat lagi jika gado – gado diberi taburan bawang goreng dan dinikmati bersama kerupuk udang. Lauk yang biasanya di tambahkan ialah telur rebus yang menjadikannya semakin lezat. Sayur yang segar membuat makanan ini kaya akan gizi yang baik bagi kesehatan kita. Tak heran, jika makanan ini paling legendaris dan banyak disukai orang.

  1. Semur jengkol

Siapa sih yang tak kenal dengan jengkol? Meskipun banyak yang pernah mendengar semur ini, nyatanya banyak juga yang belum mencicipi makanan khas betawi ini. Penulis pun juga penasaran akan rasanya, hehe. Buah jengkol di masak dengan bumbu khas Betawi. Jangan khawatir dengan rasa dan baunya, pengolahan yang tepat, menjadikan kuliner semur jengkol ini tidak memiliki bau jengkol dan memiliki cita rasa yang khas.

  1. Soto betawi

Meskipun di Indonesia memiliki aneka ragam soto sesuai dengan daerahnya masing – masing, tetap saja soto betawi dianggap sebagai soto yang paling lezat. Soto betawi ini memiliki rasa yang gurih dikarenaka ada penambahan santan pada kuahnya. Soto betawi menggunakan bahan utama berupa daging sapi yang telah dimasak selama beberapa jam, sehingga memiliki daging yang sangat empuk dan bumbunya yang meresap. Makanan andalan Betawi ini tidak mudah hilang meskipun dunia makanan selalu berkembang.

  1. Nasi sayur atau ketupat sayur

Nasi sayur atau ketupat sayur ini cocok di makan ketika hendak sarapan. Makanan ini terbuat dari irisan lontong atau ketupat yang di siram dengan kuah santan yang rasanya sangat gurih. Lebih lengkap lagi jika makanan ini dinikmati bersama dengan taburan bawang goreng, kacang ekdelai dan kerupuk.

Demikian kuliner khas Betawi yang paling legendaris. Tak hanya legendaris di kota ini saja, banyak masyarakat Indonesia yang mengenal makanan ini dan dijadikan masakan yang pas bagi keluarga dirumah. Jangan lupa menikmati masakan khas ini ketika anda sedang berkunjung di Betawi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/