Wisata Kepulauan Seribu Yang Harus Didatangi

Selain sebagai kota metropolitan, Jakarta juga memiliki banyak tempat berlibur, salah satunya adalah lokasi liburan alam Kepulauan Seribu. Kepualauan Seribu terletak di bagian utara Jakarta. Banyak wisatawan yang berkunjung di Kepulauan Seribu, mulai dari wisatwan lokal hingga wisatawan mancanegara. Kepulauan ini memiliki 110 pulau yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni, dan banyak pulau yang memiliki pesona yang indah, berikut beberapa informasi yang sudah dihimpun tentang pulau-pulau yang menjadi wisata di Kepulauan Seribu tersebut.

Wisata Kepulauan Seribu Yang Harus Didatangi

  1. Pulau Bidadari

 

Pulau Bidadari terletak tak jauh dari daratan kota Jakarta, kamu bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 15 kilometer. Pulau Bidadari ini memiliki catatan sejarah yang lumayan penting, bisa dibuktikan dengan keberadaan benteng pertahanan yang ada berdiri kokoh di pulau ini. Disekitar pulau juga terdapat hutan mangrove sehingga menambah keindahan pulau ini, konon katanya dulu pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pangeran Jayakarta beserta para penghuni kerajaan, sehingga pulau ini disebut Pulau Bidadari.

 

  1. Pulau Tidung

 

Pulau Tidung menjadi pulau paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu, Pualu Tidung terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau ini terkenal dengan Jembatan Cinta, Jembatan Cinta berfungsi untuk menghubungkan Tidung Besar dengan Tidung Kecil, wisatawan biasanya meloncat dari jembatan ini untuk menikmati keindahan laut dibawah jembatan, hal itu membuat pengunjung merasakan sensasi tersendiri saat melompat. Selain itu di Pulau Tidung juga tersedia fasilitas kegiatan air, seperti snorkeling, banana boat, jet ski, dan canoe.

 

  1. Pulau Bira

 

Pulau Bira masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga jika kamu berkunjung ke pulau ini maka kamu akan merasa tenang dan seperti pulau pribadi namun memiliki keindahan yang sama dengan pulau wisata lainnya. Pulau Bira memiliki pesona alam yang indah dan eksotis. Pulau ini memiliki pesona bawah laut yang sangat indah, kamu bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving. Pulau Bira juga memiliki pemandang sunset yang indah, kamu juga bisa menikmati keindahan sunset dengan bersantai di dermaga. Pulau ini juga dilengkapi penginapan bergaya vintage.

 

  1. Pulau Harapan

 

Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya, sehingga membuat pecinta snorkeling atau diving suka berlama-lama menghabiskan waktunya disini. Selain snorkeling kamu juga bisa Hopping Island, yaitu kegiatan berwisata ke berbagai pulau sekitar Pulau Harapan. Di Pulau Harapan juga terdapat penangkaran Elang Bondol, salah satu jenis elang yang dilesatarikan. Di Pulau harapan juga tersedia fasilitas penginapan tak jauh dari dermaga.

 

  1. Pulau Ayer

 

Pulau Ayer memiliki julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki daya tarik dengan adanya cottage yang berada di atas laut dengan gaya tradisioanal etnik Papua. Pesona alam pulau ini sangat indah, dan serasa berada di Raja Ampat, Papua. Di pulau ini dulunya juga digunakan sebagai tempat beristirahat oleh Bung Karno, yaitu Proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Itulah informasi tentang wisata kepualauan seribu Jakarta, semoga artikel ini bermanfaat.