Panduan Wisata Jakarta

TMII, Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Kota Jakarta

TMII, Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Kota Jakarta
TMII, Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Kota Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat TMII adalah sebuah kawasan berlibur yang memiliki konsep budaya yang ada di Indonesia, dan terletak di Jakarta. Tempat wisata ini memiliki luas area sekitar 150 hektar, di TMII kamu juga bisa menemukan sebuah danau yang menjadi miniatur kepulauan yang ada di Indonesia. Selain itu, disini juga menyuguhkan berbagai pakaian adat, tarian daerah, rumah ibadah tiap agama, dan berbagai museum. Sehingga dengan berkunjung ke tempat ini kamu akan merasakan suasana seperti mengunjungi semua wilayah di Indonesia dan beserta mengetahui budaya di tiap daerahnya.

Taman Mini Indonesia Indah dibangun atas gagasan Ibu Tien Soeharto, pembangunan mulai dilakukan pada tahun 1972 dan mulai diresmikan pada 20 April 1975. Dibangunnya Taman Mini Indonesia Indah bertujuan untuk membangkitkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligun menjadi tempat wisata keluarga. Di tempat ini terdapat banyak wahana yang menggambarkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, berikut wahana-wahana tersebut yang berasal.

  1. Anjungan Daerah

Di kawasan Anjungan Daerah ini kamu bisa melihat kebudayaan masing-masing daerah, seperti rumah adat, pakaian tradisional, busana pernikahan, peralatan rumah tangga, hingga senjata khas tiap provinsi tersebut. Anjungan Daerah ini memiliki banyak anjungan yang mewakili tiap daerah, disetiap anjungan menampilkan pertunjukan tarian tradisional, musik, makanan khas, dan upacara adat masing-masing daerah.

  1. Bangunan Keagamaan

Taman Mini Indonesia Indah juga dilengkapi dengan berbagai macam miniatur rumah ibadah setiap agama yang ada di Indonesia diantaranya adalah Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Protestan Haleluya, Gereja Katolik Santa Catharina, Pura Panataran Agung Kertabumi, Vihara Arya Dwipa Arama, Kuil Konghucu Kong Miao dan Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa.

  1. Museum

Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki beberapa museum, mulai dari Museum Indonesia, Museum Pusaka, Museum Keprajuritan, Museum Perangko, Museum Transportasi, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Asmat, Museum Olahraga, Museum Komodo dan Museum Serangga.

  1. Sarana Rekreasi dan Teater

Setelah selesai menikmati berbagai miniatur budaya yang ada di seluruh Indonesia, kamu bisa menikmati berbagai sarana rekreasi seperti Kereta Gantung, Perahu Angsa, Snow Bay, Pusat Peragaan IPTEK dan berbagai Taman Flora dan Fauna Indonesia. Di Taman Indonesia Indah juga terdapat Teater yang dibedakan menurut pertunjukannya, berikut teater-teater tersebut.

  • Teater IMAX Keong Mas

Teater ini digunakan untuk memutar film-film mengenai lingkungan dan kebudayaan di Indonesia.

  • Teater Tanah Airku

Teater Tanah Airku merupakan teater pertama di Indonesia yang dilengkapi panggung untuk menggelar pertunjukan seni.

  • Teater 4D

Teater 4 Dimensi menyuguhkan film 4 dimensi yang merasakan sensi tersendiri saat menonoton.

Itulah yang beberapa hal yang dapat diberikan tentang wisata taman mini Indonesia Indah. Semoga artikel ini bermanfaat.