Potensi Gunung Rinjani dalam Pengembangan Industri Pariwisata

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Sebagai negara kepulauan, kekayaan alam Indonesia tidak hanya kekayaan laut tetapi juga daratannya. Jika dilihat dari segi kekayaan alamnya yang tidak terhitung jumlahnya, Indonesia memiliki peluang pariwisata yang sangat baik. Karena itulah perlu dilakukan beberapa usaha untuk mengembangkan sektor industri pariwisata yang ada di Indonesia.

Alam Indonesia

Indonesia tidak hanya memiliki lautan dan terumbu karang yang indah sebagai aset pariwisata, tetapi Indonesia juga memiliki kekayaan alam di daratan yang tidak kalah indahnya dengan lautannya. Salah satu kekayaan Indonesia yang bisa dikembangkan dan dijadikan sumber penghasilan negara dari sektor industri pariwisata adalah Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang menawarkan banyak sekali kekayaan alam yang tersembunyi di balik lebatnya hutan di sekitarnya. Karena itulah Gunung Rinjani sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai industri pariwisata.

Selain sering dijadikan sasaran pendakian oleh para pecinta alam, Gunung Rinjani juga menyimpan banyak sekali kakayaan di kakinya. Kaki Gunung Rinjani memiliki banyak pesona misalnya Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gila. Air terjun Tiu Kelep merupakan air terjun hulu yang terhubung langsung dengan Air Terjun Sendang Gila dan membentuk satu aliran. Air Terjun Tiu kelep mengalir dari ketinggian 42 meter sedangkan Air Terjun Sendang Gila jauh lebih pendek yaitu 30 meter. Air Terjun Tiu Kelep sebagai air terjun yang ada di bagian hulu terletak di medan yang jauh lebih curam dan terjal, berbeda dengan Air Terjun Sendang Gila yang lebih mudah dicapai.

Air terjun Tiu Kelep dan Air terjun Sendang gila yang terletak di Kaki Gunung Rinjani ini sangat cocok untuk melepas penat karena kealamiannya dan keindahannya yang menghiasi Kaki Gunung Rinjani. Kesejukan dan kesegaran udara di sekitar Gunung Rinjani juga masih terjaga. Selain panorama alamnya yang mampu memanjkan mata dan keempat indera Anda yang lain, Gunung Rinjani juga menyimpan desa yang masih terjaga keasliannya dan tidak terpengaruh modernisasi di kakinya yaitu Desa Senaru. Dengan berbagai kekayaan alam yang tersimpan tersebut, Tanaman Nasional gunung Rinjani merupakan salah satu aset Indonesia yang bisa dikembangkan di sektor industri pariwisata. Gunung Rinjani dengan berbagai kekayaannya bisa menjadi tempat wisata terkenal seperti Bali jika dikembangkan dengan baik. Karena itulah dibutuhkan usaha yang serius dari pemerintah dan masyarakat unutk mengembangkan Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi tempat wisata. Untuk mencapai tujuan tersebut, bisa badan Koordinasi Penenaman Modal atau BKPM bisa membantu.