Pilihan Bisnis Travel Bagi Yang Bermodal Minim

Peluang bisnis travel sekarang ini semakin terbuka lebar, apalagi dengan semakin meningkatnya ekonomi masyarakat sekarang. Orang-orang akan selalu membutuhkan hiburan, dan berlibur adalah salah satu caranya. Selain itu, akan semakin banyak orang juga yang bepergian karena harus bekerja, sehingga peluang untuk bisnis ini tidak hanya untuk wisata, tetapi juga untuk para karyawan.

Bila Anda hanya mempunyai modal yang sedang-sedang saja, atau bahkan cukup minim, hal ini tak masalah. Peluang usaha travel bisa Anda dapatkan dengan :

1. Bisnis Travel Rumahan Atau Online

Di zaman di mana internet berkecepatan tinggi semakin terjangkau harganya, Anda bisa menjadi agen travel yang basisnya di rumah atau secara online. Modalnya tak banyak, Anda hanya perlu software untuk tiket dan booking, ponsel atau laptop/komputer, dan tentu saja, sambungan internet.

2. Travel Khusus

Jika Anda tak bisa menawarkan perjalanan wisata secara luas, mengapa tidak melakukan spesialisasi dengan menawarkan paket perjalanan di kawasan yang dekat tempat tinggal Anda? Atau Anda bisa memilih target usia tertentu, lansia atau anak-anak misalnya.

3. Menjadi Agen

Ini yang mungkin bisa dibilang paling mudah. Anda bisa bergabung menjadi agen mandiri dari perusahaan travel yang sudah mapan seperti Alfafa Universal, dan Anda akan dilatih bagaimana melakukan bisnis ini.

Apapun bentuk bisnis travel yang Anda pilih, Anda harus ingat bahwa untuk bisa sukses di usaha ini, Anda harus :

  • Rajin mencari koneksi, dari teman, keluarga, sampai kolega di tempat kerja Anda. Semakin luas jaringan Anda, semakin baik pula perkembangan bisnis.
  • Belajar marketing, sehingga Anda bisa memasarkan bisnis Anda dengan strategi yang tepat.
  • Memanfaatkan semua sarana yang ada, seperti media sosial, blog, koneksi keluarga, dll.
  • Rajin ikut pelatihan atau workshop, untuk mencari klien baru sekaligus belajar lebih dalam.

Selalu ada peluang bisnis travel bagi Anda yang jeli melihat kesempatan. Membuka bisnis untuk Haji dan Umroh, spesialisasi dalam perjalanan karya wisata sekolah, atau menambah strategi seperti menawarkan menjadi guide, menyewakan kendaraan, layanan untuk membuat visa dan passport, jadi konsultan untuk perjalanan, dll. Semua rencana itu bisa menambah pundi-pundi uang Anda.