Melihat miniatur Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang umum disingkat dengan TMII yaitu salah satu obyek wisata yang terdapat di Jakarta Timur. Di bangun diatas tanah seluas 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah yaitu salah satu taman rekreasi paling besar di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah adalah suatu taman rekreasi yang diisi deskripsi kebudayaan nusantara. Disini, Anda dapat lihat suatu danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tidak cuma itu, masih tetap terdapat beberapa kebudayaan khas setiap propinsi di Indonesia yang dipamerkan disini dari mulai tarian daerah, baju kebiasaan, rumah beribadah setiap agama resmi di Indonesia, beragam museum dan sebagainya.

Gagasan pembangunan dimulai dari pertemuan dirumah Soeharto, bekas presiden Indonesia, di Jalan Cendana Nomer 8, Jakarta, pada tanggal 13 Maret 1970. Dalam pertemuan itu, Siti Hartinah atau yang lebih di kenal dengan panggilan Ibu Tien yang disebut istri bekas Presiden Soeharto mengusulkan bakal di bangun suatu tempat yang berisi wisata budaya untuk menghidupkan kebanggaan rakyat Indonesia pada budaya nusantara.

Lalu dimulailah proyek miniatur Indonesia ‘Indonesia Indah’ dibawah Yayasan Harapan Indah. Pembangunan diawali pada th. 1972 serta pada tanggal 20 April 1975, TMII resmi di buka. Pada th. 1991, di buat maskot untuk obyek wisata ini berbentuk tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra).

Apa sajakah yang ada di Taman Mini Indonesia Indah?
Disini, Anda dapat memuaskan diri untuk lihat kebudayaan tiap-tiap propinsi di Indonesia dalam satu tempat. Tersebut wahana-wahana menarik di Taman Mini Indonesia Indah :

Anjungan Daerah

Di Anjungan Daerah, Anda dapat lihat kebudayaan dari 34 propinsi yang ada di Indonesia. Tiap-tiap propinsi mempunyai anjungan yang menghadirkan bangunan atau rumah kebiasaan, baju tradisional, baju pernikahan, senjata khas hingga peralatan rumah tangga yang dipakai keseharian.

Di tiap-tiap anjungan ada panggung untuk menghadirkan pertunjukan tarian tradisional, upacara kebiasaan serta pertunjukan musik khas daerah semasing. Pertunjukan budaya ini umum dikerjakan pada hari Minggu, waktu jumlah pengunjung alami kenaikan di banding hari-hari umum.

Pada sebagian anjungan juga ada kafetaria yang menghidangkan makanan khas semasing daerah. Ada juga toko suvenir yang jual beragam jenis suvenir berbentuk kerajinan tangan setiap daerah, baju kebiasaan hingga aksesori khas daerah.

Pada th. 1975 – 2000, Anjungan Daerah diisi miniatur kebudayaan dari 27 Propinsi di Indonesia. Hingga pada th. 2002, waktu Timor Timur terlepas dari Indonesia, anjungannya beralih nama jadi Museum Timor Timur. Diluar itu, bersamaan menambahnya jumlah propinsi di Indonesia jadi 34 propinsi, di bangun juga anjungan baru untuk Banten, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo serta Kepulauan Riau. Walau anjungan-anjungan itu memiliki ukuran lebih kecil di banding anjungan lain yang sudah di bangun pada awal mulanya.

Bangunan Keagamaan

Ada bangunan rumah beribadah tiap-tiap agama resmi di Indonesia yang masih tetap aktif dipakai di Taman Mini Indonesia Indah :

Masjid Pangeran Diponegoro
Gereja Katolik Santa Catharina
Gereja Protestan Haleluya
Pura Panataran Agung Kertabumi
Vihara Arya Dwipa Arama
Kuil Konghucu Kong Miao
Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa

Fasilitas Rekreasi

Istana Anak-anak Indonesia

Wahana ini adalah wahana favorite anak-anak yang berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Disini, anak-anak dapat memerhatikan dongeng-dongeng dunia serta narasi rakyat dari Indonesia.

Kereta gantung

Kereta gantung dapat dipakai juga sebagai transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Dengan memakai kereta gantung ini Anda dapat juga lihat lokasi Taman Mini Indonesia Indah dari atas dengan leluasa. Tarif yang dikenakan yaitu 30. 000 Rupiah per orang.

Pusat Peragaan IPTEK

Disini, Anda dapat lihat bermacam karya IPTEK serta lakukan percobaan enteng. Harga ticket masuk yaitu 17. 000 Rupiah per orang.

Taman

Terdapat beberapa taman di Taman Mini Indonesia Indah yang diisi koleksi flora serta fauna Indonesia yang bermacam. Diantara taman-taman itu yaitu :

Taman Anggrek
Taman Apotek Hidup
Taman Kaktus
Taman Melati
Taman bunga Keong Mas
Taman Bekisar
Taman Burung
Akuarium Ikan Air Tawar

Museum Indonesia

Bangunan museum ini berbentuk gedung tiga lantai dengan pahatan narasi Ramayana di dindingnya. Di museum ini, Anda dapat lihat bermacam deskripsi budaya Indonesia dari mulai transportasi setiap daerah dari saat ke saat serta kebiasaan istiadat daerah.

Museum Keprajuritan

Di museum ini, Anda dapat lihat bagaimanakah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Bangunan museum dikelilingi oleh kolam yang melukiskan pertahanan Indonesia dengan memercayakan kemampuan di luasnya perairan negara.