Museum Tekstil Jakarta Untuk Belajar Batik

Musem Tekstil menempati sebuah gedung tua yang berada di Jalan K.S. Tubun atau Petamburan No. 4 Tanah Abang, Jakarta Barat. Gedungini pada awalnya merupakan sebuah rumah pribadi milik seorang warga yang berasal dari negara  Perancis yang pertama kalinya dibangun pada abad ke-19. Kemudian dibeli oleh seorang konsul asal Turki bernama Abdul Azis Almussawi Al Katiri yang sudah menetap di Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1942 dijual kepada kembali kepada Dr. Karel Christian Cruq. Pada masa perjuangan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia, gedung ini dijadikan sebagai sebuah markas Barisan Keamanan Rakyat (BKR) dan kemudian pada tahun 1947 dihuni oleh Lie Sion Pin. Museum tekstil menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota budaya dan pariwisata.

tekstil

Pada tahun 1952 dibeli oleh Departemen Sosial yang kemudian pada tanggal 25 Oktober 1975 gedung ini diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta yang kemudian harinya pada tanggal 28 Juni 1976 diresmikan kegunaannya oleh Ibu Tien Soeharto sebagai sebuah Museum Tekstil. Anda dapat berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta ini ketika sedang jalan-jalan ke Jakarta  atau sedang menuju tempat wisata di Jakarta untuk liburan. Museum ini sekarang juga menjadi salah satu objek wisata jakarta.