Museum Prangko Indonesia Di Jakarta

Museum Prangko Indonesia yang lokasinya berada di DKI Jakarta ini memiliki hiasan sejumlah ukiran serta patung bergaya Bali dan Jawa, dengan dikelilingi oleh pagar tembok dan dua buah pintu gerbang yang mengambil dari model dasar candi bentar. Pada kedua sayap kanan dan kiri juga terdapat dua bangunan yang mempunyai luas masing-masing sekitar 402 m2.

Sayap sebelah kanan digunakan sebagai kantor pengelola dan juga untuk tempat pertemuan, sedangkan sayap bagian kiri digunakan untuk kantor pos. Museum ini memamerkan berbagai koleksi aneka macam jenis prangko Indonesia serta luar negeri.

perangko

Di depan pintu masuk dari Museum Prangko ini berdiri patung Hanoman, yang dalam pewayangan sudah dikenal sebagai dhuta dharma pembawa berita, kurang lebih misinya sama dengan tugas pos. Di samping kiri serta kanan dari pintu masuk ada dua buah lukisan bergaya Bali karya dari seorang pelukis Wayan Sutha yang merupakan sebuah cuplikan dari cerita pewayangan versi Bali, disitu menggambarkan bahwa pada masa sebelum adanya kertas dikenal seperti sekarang, surat-menyurat dahulunya menggunakan daun ‘ron’ tal.

Museum Prangko Indonesia merupakan sebuah wahana untuk menyelenggarakan berbagai pameran perangko secara menetap yang didirikan atas gagasan dari ibu tien Soeharto untuk memperkenalkan tentang sejarah dari PT. Pos Indonesia (persero).